Penyebab Gatal Pada Puting Payudara dan Cara Mengatasinya

Penyebab Gatal Pada Puting Payudara dan Cara Mudah Mengatasinya

Penyebab gatal pada puting payudara dan cara mengatasinya – Bagi Anda, khususnya wanita mungkin pernah mengalami hal seperti tiba-tiba merasa gatal pada puting payudara?

Kenapa hal ini bisa terjadi?

Dan apa pemicu rasa gatal di payudara?

Kami memahami atas kekhawatiran Anda, terutama rasa gatal yang dirasakan membuat ketidaknyamanan. Karena rasa yang muncul berbeda tingkat keparahannya, intensitas keinginan untuk menggaruk pun bisa datang sesekali atau terus-menerus.

Penyebab Gatal Pada Puting Payudara dan Cara Mengatasinya

Perlu Anda ketahui bahwa di dalam payudara terdapat jaringan kelenjar, yang bermanfaat untuk mendukung laktasi ( proses produksi serta pengeluaran ASI dari payudara ).

Payudara juga dikelilingi sel lemak, kelenjar getah bening, saraf, pembuluh darah, dan jaringan ikat, yang secara keseluruhan ditutupi oleh kulit yang banyak mengandung folikel rambut dan kelenjar keringat.

Rasa gatal juga bisa dijadikan sebagai acuan bahwa ada persoalan serius pada payudara Anda, karena pemicu rasa gatal pada payudara sangat beragam.

Baca : Cara mengobati penebalan pada jaringan kulit payudara

Meski Anda sangat ingin menggaruk dan tidak tahan akan rasa gatal, sebaiknya Anda menahannya. Pasalnya, garukan yang terlalu sering dapat merusak kulit.

Kulit di sekitar area payudara dapat memerah, pecah-pecah, menebal dan membengkak.

Pemicu/Penyebab Gatal Pada Puting Payudara dan Cara Mengatasinya

  • Infeksi

Infeksi payudara seperti mastitis dapat menjadi pemicu rasa gatal pada payudara, kondisi ini kerap dialami oleh ibu yang menyusui.

Kulit yang ada dibagian puting akan kering dikarenakan kegiatan menyusui, ini akan mengakibatkan bakteri dan virus masuk pada payudara sehingga menimbulkan infeksi. Rasa gatal pada payudara juga dikarenakan oleh lebih dari satu infeksi lain seperti eksim, cacar, jamur, dan kudis.

  • Pemakaian bra yang tidak benar

Baiknya Anda memilih bra dengan ukuran yang pas dengan bentuk payudara Anda ( tidak kekecilan dan tidak kebesaran ). Karena pemakaian bra yang tidak benar seperti penggunaan bra yang terlalau ketat atau kecil, terlalu besar, bra tidak dicuci dengan bersih, dan bahan yang dipakai membuat bra tidak cocok dengan kulit Anda, sehingga kulit menjadi gatal.

Baiknya, Anda memakai bra yang cocok dengan ukuran payudara karena pemakaian payudara yang tidak cocok akan menyebabkan rasa gatal pada payudaa.

  • Stres

Rasa gatal akan meningeal bersamaan dengan datangnya perasaan stres. Stres dapat mengakibatkan rasa gatal jadi meningeal hingga menyebabkan Anda berkeinginan untuk menggaruknya.

Hal ini jadi pemicu mudahnya diserang infeksi, dan stres juga dapat melemahkan sistem imun tubuh.

Jadi sebaiknya, hindari stres karena selain dapat memicu gatal pada puting payudara juga bisa memicu penyakit lainnya.

  • Iritasi atau alergi pada kulit payudara

Alergi atau iritasi terjadi karena banyak sebab seperti residu deterjen, tuturan dari bahan kimia, kosmetik yang menyebabkan rasa gatal, ruam dan kemerahan.

  • Kanker payudara

Dan yang paling menyeramkan, rasa gatal pada payudara dan puting mungkin saja merupakan satu wujud adanya kanker payudara.

Kanker payudara dapat menimbulkan gejala gatal-gatal, membesar, bengkak, merah, kulit bersisik, sakit yang disertai gatal.

Jika rasa gatal di area sensitif tersebut tak kunjung hilang setelah lewat beberapa hari, atau bahkan semakin memburuk, segera periksakan ke dokter.

Terutama jika rasa gatal disertai dengan keluarnya cairan kekuningan, kecokelatan ataupun kemerahan, rasa sakit, puting yang tertarik ke dalam, perubahan kulit yang membuat kulit payudara tampak seperti kulit jeruk, jaringan payudara yang tampak menebal, serta jika muncul gejala seperti kondisi mastitis.

Baca juga : Terapi pengobatan tradisional kista payudara paling cepat

Cara Mencegah dan Mengatasi Gatal Pada Payudara

» Pola mandi teratur. Anda bisa mandi dengan air hangat dan sabun yang sesuai dengan ph balance tubuh. Keringkan dengan menggunakan handung yang benar-benar kering dan bersih untuk mencegah infeksi jamur dan bakteri di area payudara.

Penyebab Gatal Pada Puting Payudara dan Cara Mengatasinya

» Rajin cuci bra. Bra bisa menjadi sumber bakteri dan jamur. Maka dari itu, bra mesti dicuci dan bilas dengan sangat bersih. Perhatikan pula penggunaan bahan kimia atau detergen karena hal ini dapaat menjadi pemicu payudara gatal dan munculnya ruam.

» Ukuran yang sesuai. Sangat disarankan untuk menggunakan ukuran bra yang sesuai dengan ukuran payudara Anda, agar kulit di area tersebut tidak menjadi kemerahan akibat gesekan dengan bra yang kekecilan atau kebesaran.

Sumber : dokersehat.com, alodokter.com, meetdoctor.com

Demikian informasi dari kami mengenai penyebab gatal pada puting payudara dan cara mengatasinya. Semoga bermanfaat dan semakin meningkatkan kewaspadaan Anda jika mengalami hal tersebut.

Terimakasih telah berkunjung, sampai jumpa di artikel kami selanjutnya..

Posted by : Penyebab Gatal Pada Puting Payudara dan Cara Mengatasinya on Obat Tradisional Kanker Payudara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *