6 Langkah Sederhana Mencegah Terjadinya Ablasio Retina

6 Langkah Sederhana Mencegah Terjadinya Ablasio Retina

6 langkah sederhana mencegah terjadinya ablasio retina – Seperti yang telah kita ketahui bahwa ablasio retina merupakan sebuah kondisi di mana adanya gangguan pada mata yang terjadi ketika retina terlepas dari jaringan yang ada di sekitarnya.

Kondisi ini tentu saja merupakan salah satu gangguan mata serius karena bisa menyebabkan kebutaan pada penderitanya.

6 Langkah Sederhana Mencegah Terjadinya Ablasio Retina

Kebutaan dapat terjadi karena retina tidak berfungsi dengan baik, sehingga Anda ( pasien ablasio retina ) akan mengalami kehilangan penglihatan permanen karena area di mana retina terlepas dari jaringan di sekitarnya akan kehilangan suplai darah dan menyebabkan bagian ini berhenti bekerja, sehingga penglihatan akan hilang.

Terlebih jika kondisi ini tidak mendapatkan pengobatan tepat dan cepat.

Selain akibat adanya trauma mata, komplikasi diabetes, dan perdarahan di mata akibat benturan, ablasio mata juga bisa terjadi karena faktor usia yang semakin menua, sehingga memicu menipisnya retina dan rentan mengalami bocor.

Adapun beberapa langkah pencegahan agar bisa terhindar dari penyakit ablasio retina, di antaranya meliputi :

6 Langkah Sederhana Mencegah Terjadinya Ablasio Retina

  • Membaca dan menulis dengan jarak yang tidak tidak terlalu dekat

Jika Anda tidak ingin mata Anda mengalami gangguan penglihatan, salah satunya seperti ablasio retina maka dianjurkan untuk membaca dan menulis dengan jarak yang tidak terlalu dekat, tidak terlalu terang dan tidak terlalu redup.

  • Konsumsi makanan dengan kandungan vitamin A6 Langkah Sederhana Mencegah Terjadinya Ablasio Retina

Telah kita ketahui bahwa vitamin A memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan mata. Salah satunya menjaga agar sel-sel dan jaringan di retina tidak mudah robek dan tetap terjaga fungsinya dengan baik.

  • Menggunakan kacamata

Saat melihat layar hp atau laptop disarankan agar Anda menggunakan kacamata agar cahaya laptop/hp tidak mengenai mata secara langsung.

Selain saat beraktivitas dengan alat elektronik seperti laptop, hp atau TV, saat berkendara atau ke tempat dengan sinar matahari langsung disarankan untuk menggunakan kacamata hitam.

Ini berguna agar mata terlindungi dari sinar matahari langsung yang dapat merusak mata.

  • Jika Anda menderita diabetes, rutin periksakan diri

Ini karena pada penderita diabetes, risiko terkena ablasio retina lebih tinggi. Dengan memeriksakan diri ke dokter, maka kita dapat mengetahui berapa kadar gula darah di tubuh dan penyakit akan terdeteksi sejak dini. Dan bahkan ablasio retina dapat dicegah.

  • Stop merokok

Orang yang merokok memiliki risiko lrebih tinggi terserang berbagai penyakit mata. Ini karena kandungan nikotin yang terkandung pada rokok dapat merusak sel-sel saraf dan jeringan pada mata.

Untuk itu, jika Anda ingin terhindar dari berbagai penyakit mata, salah satunya ablasio retina, mulai dari serkang jauhi rokok!

  • Mengonsumsi makanan untuk kesehatan mata

Tak hanya tubuh yang memerlukan nutrisi untuk mencapai kesehatan. Mata juga memerlukan nutrisi untuk menjaga kesehatannya.

Dan beberapa nutrisi yang dibutuhkan demi menjaga kesehatan mata ialah berupa omega 3 dan antioksidan yang bisa didapat dari suplemen herbal khusus mata, yakni Walatra Sehat Mata Softgel ( SM-UL ) yang khasiatnya telah teruji dan terbukti ampuh dalam mengatasi masalah pada mata.

6 Langkah Sederhana Mencegah Terjadinya Ablasio Retina

Dapatkan Harga SPESIAL Untuk Setiap Pembelian 2 Botol Walatra Sehat Mata Softgel Dengan Mencantumkan Kode Produknya Yakni ( SM-UL )

Lain halnya dengan penderita ablasio retina pada ibu hamil. Ya, ibu hamil memang sangat rentan mengalami retina mata terlepas ( ablasio retina ) saat persalinan. Terlebih jika ibu hamil memiliki kelainan pada mata seperti rabun jauh dan mata minus.

Adapun langkah pencegahan dan penanggulangan terkait risiko mengalami ablasio retina saat persalinan di antaranya sebagai berikut :

  1. Usahakan untuk menghilangkan kebiasaan mengejan ketika sedang BAB dan baiknya konsumsi buah dan sayuran yang kaya akan serat.
  2. Hindari mengangkat barang atau benda
  3. Sebelum persalinan berlangsung, baiknya diskusikan dengan dokter mata dan dokter kandungan sehingga Anda bisa memilih cara persalinan yang aman untuk gangguan mata Anda.
  4. Pertimbangkan persalinan yang Anda pilih bila mengalami cekungan, penipisan dan pendataran.
  5. Apabila penipisan mata terjadi sebelum persalinan dapat dilakukan pelekatan kembali dengan menggunakan leser jauh hari sebelum persalinan.
  6. Jika ablasio retina terjadi saat persalinan maka harus segera dilekatkan.
  7. Jika kondisi kesehatan memungkinkan dilakukan persalinan alami dengan bantuan vakum sehingga mengejan pada ibu hamil lebih kecil dari persalinan normal lainnya.

Retina mata memiliki fungsi vital bagi penglihatan. Untuk itu, penting bagi Anda untuk selalu menjaganya dengan baik dan melakukan pencegahan agar tidak terkena dampak dan berbagai masalah pada retina.

Dengan begitu, Anda dapat terhindarkan dari berbagai penyakit pada retina.

Itulah sedikit informasi mengenai pencegahan ablasio retina pada ibu hamil dan umum. Semoga dengan adanya informasi ini bermanfaat bagi kesehatan mata Anda dan keluarga. Sampai jumpa di artikel berikutnya …

Posted by : 6 Langkah Sederhana Mencegah Terjadinya Ablasio Retina on Obat Kanker Payudara Herbal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *